SELAMAT DATANG DI LAYANAN DESK INFORMASI PUBLIK PEMERINTAH KABUPATEN PESISIR SELATAN | KAMI MELAYANI INFORMASI PUBLIK YANG ANDA BUTUHKAN TENTANG PEMERINTAH KABUPATEN PESISIR SELATAN
www.pesisirselatankab.go.id
LPSE Kabupaten Pesisir Selatan
PPID Kabupaten Pesisir Selatan
Home » Profil

Tugas dan Wewenang PPID

Berdasarkan Keputusan Bupati Pesisir Selatan Nomor 555/172/Kpts/BPT-PS/III/2017 Tanggal  23 Februari 2017

Tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu Kabupaten Pesisir Selatan.

Tugas, Fungsi dan Wewenang Pejabat Pengelola Informasi d an Dokumentasi (PPID) dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu Kabupaten

Pesisir Selatan:

1. PEMBINA;

Fungsi Pembina :

Pembinaan terhadap pengelola layanan informasi dan dokumentasi dan seluruh rangkaian kegiatan pengelolaan informasi dan dokumentasi sesuai dengan mekanisme yang ditentukan.

Tugas Pembina :

1. Melakukan pembinaan terhadap pengelolaan pelayanan informasi dan dokumentasi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan; 

2. Mengesahkan dan menetapkan jenis-jenis informasi, yaitu informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, serta merta, tersedia setiap saat serta informasi yang dikecualikan.


2. PENGARAH;

Pengarah PPID merupakan penentu dalam pengambilan kebijakan apabila muncul masalah dalam pengelolaan dan pelayanan informasi dan dokumentasi, termasuk dalam hal menentukan klasifi kasi informasi.

Fungsi Pengarah:

1) Mengarahkan kegiatan pengelolaan informasi dan dokumentasi serta menjamin ketersediaan informasi secara terintegrasi dan terkoordinasi;

2) Menerima keberatan atas penolakan dari pemohon informasi publik;

3) Memberikan tanggapan atas keberatan yang diajukan oleh pemohon informasi dalam jangka waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sejak diterimanya laporan keberatan secara tertulis;

4) Sebagai perwakilan badan publik Pemda dalam sengketa informasi publik; dan

5) Memberikan persetujuan atau penolakan atas surat penetapan daftar informasi publik dan surat penetapan klasifi kasi dari PPID Utama.

Tugas Pengarah :

1) Memberikan arahan kepada PPID terkait pengelolaan layanan informasi dan dokumentasi;

2) Memberikan persetujuan kepada PPID atas informasi dan dokumentasi yang dpt diakses/diberikan kpd pemohon informasi;

3) Memberikan rekomendasi kepada PPID atas hasil uji konsekuensi informasi yg dikecualikan; dan

4) Memberikan persetujuan atas pertimbangan PPID terkait dengan setiap kebijakan yg diambil utk memenuhi hak setiap pemohon informasi. Dalam menjalankan tugasnya, Pengarah Pemda berkoordinasi dan dapat meminta masukan dari Tim Pertimbangan Pelayanan Informasi.

TIM PERTIMBANGAN:

Tugas utama dari Tim ini adalah:

a. Membahas usulan-usulan informasi yang dikecualikan;

b. Memberikan pertimbangan-pertimbangan atas klasifi kasi informasi, termasuk informasi yang dikecualikan; dan

c. Memberikan pertimbangan-pertimbangan atas hal-hal yang belum diatur dalam Panduan ini.

4. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

Tugas ;

1) Mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari PPID Pembantu;

2) Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi kepada publik;

3) Melakukan verifikasi bahan informasi publik;

4) Melakukan uji konsekuensi atas informasi yang dikecualikan;

5) Melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi; dan

6) Menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat.

Tanggung Jawab;

PPID memiliki tanggung jawab dalam:

1) Mengkoordinasikan penyimpanan dan pendokumentasian seluruh informasi publik yang berada di Badan Publik Pemerintah Daerah;

2) Mengkoordinasikan penyediaan dan pelayanan seluruh informasi publik dibawah penguasaan Badan Publik Pemerintah Daerah yang dapat diakses oleh publik.

Wewenang PPID;

Dalam rangka melaksanakan tugasnya, PPID berwenang untuk:

1) Menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

2) Meminta dan memperoleh informasi dari unit kerja/komponen/ satuan kerja yang menjadi cakupan kerjanya;

3) Mengkoordinasikan pemberian pelayanan informasi dengan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional yang menjadi cakupan

kerjanya;

4) Menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat/tidaknya diakses oleh publik; dan

5) Menugaskan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional untuk membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan

dokumentasi untuk kebutuhan organisasi.

Bidang Pendukung PPID;

Untuk mendukung kegiatan rutin PPID, dapat didukung oleh bidang-bidang, sekurang-kurangnya antara lain:

a. Bidang Pelayanan dan Pengelolaan Informasi;

bertugas memberikan pelayanan informasi publik dan mengelola informasi sesuai dengan mekanisme internal PPID;

b. Bidang Pengolahan Data dan Dokumentasi Informasi;

bertugas mengolah data yang akan disajikan sebagai informasi publik, melakukan klasifi kasi jenis informasi dan mendokumentasikan informasi yang telah dikuasai;

c. Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi;

bertugas melakukan advokasi dan mewakili institusi dalam menyelesaikan sengketa informasi; dan

d. Sekretariat PPID;

bertugas memberikan dukungan administratif dan teknis operasional serta sarana dan prasarana mendukung tersedianya layanan informasi dan dokumentasi.

PPID Pembantu;

PPID Pembantu merupakan jabatan yang dapat dirangkap oleh pejabat struktural ditingkat SKPD.

Tugas utama PPID Pembantu dan/ atau pejabat fungsional atau petugas informasi adalah:

a. Membantu PPID melaksanakan tanggungjawab, tugas, dan kewenangannya;

b. Menyampaikan informasi dan dokumentasi kepada PPID secara berkala dan sesuai kebutuhan;

c. Melaksanakan kebijakan teknis informasi dan dokumentasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;

d. Menjamin ketersediaan dan akselerasi informasi dan dokumentasi bagi pemohon layanan informasi secara cepat, tepat berkualitas dengan mengedepankan prinsip-prinsip pelayanan prima; dan

e. Mengumpulkan, mengolah, mengkompilasi bahan dan data lingkup SKPD masing-masing menjadi bahan informasi publik

.

Komentar

Profil lainnya

Statistik

Total klik : 37485
Hari ini : 22
Kemarin : 39
Bulan ini : 768
Tahun ini : 21267
Total kunjungan : 25757
User online : 1

Daftar Informasi

Nama Jenis Tanggal
Daftar Informasi Publik Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2017 Informasi Berkala 27-09-2017
Renstra Sekretariat Daerah Tahun 2016-2021 Informasi Berkala 26-09-2017
Rencana Kerja Sekretariat Daerah Tahun 2016 Informasi Setiap Saat 26-09-2017
Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Sekretariat Daerah Tahun 2016 Informasi Berkala 26-09-2017
Laporan Kinerja (LKj) Sekretariat Daerah Tahun 2016 Informasi Berkala 26-09-2017

Kontak

Desk Layanan Informasi Publik

Kantor Dinas Perhubungan komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan

Ruang Bidang Komunikasi dan Informatika

Jl. Jendral Sudirman, Sago - Painan, Kab. Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Kode Pos 25651

Tlp/Fax: (0756) 7474239
E-mail: ppid(at)pesisirselatankab.go.id